INFORMASI TERBARU

apa itu reksa dana pendapatan tetap

Apa Itu Reksa Dana Pendapatan Tetap? Dan Apa Keunggulannya?

Apa itu reksa dana pendapatan tetap? Apakah reksa dana ini dikhususkan untuk investor yang memiliki penghasilan tetap setiap bulannya? Atau justru mengacu pada reksa dana dengan keuntungan stabil tiap bulannya? Kalau Anda termasuk investor baru, mungkin istilah reksa dana pendapatan tetap akan sedikit awam. Kalau begitu, pelajari dulu seluk beluk investasi reksa dana pendapatan tetap, berikut juga keunggulannya!

Apa itu reksa dana pendapatan tetap?

Apa itu reksadana pendapatan tetap adalah investasi reksa dana yang dilakukan dengan menempatkan sekurang-kurangnya 80% dari total dana ke dalam efek bersifat utang atau obligasi. Efek bersifat utang yang dimaksud adalah surat utang yang jatuh temponya lebih dari satu tahun, baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun korporasi. 

Disebut pendapatan tetap karena investasi reksa dana ini cenderung stabil. Keuntungan investasi didapat dari imbal hasil surat utang atau obligasi yang pasti memberikan hasil rutin setiap 1-3 bulan sekali. Karena cenderung stabil, reksa dana pendapatan tetap pun cenderung lebih cocok untuk investor konservatif yang mencari aman dan tidak ingin risiko besar dalam investasi. 

Apa keunggulan investasi reksa dana pendapatan tetap?

Bagi investor yang masih pemula, atau tipe konservatif yang cenderung cari aman, reksa dana pendapatan tetap tentu dapat menjadi pilihan menarik. Jika dibandingkan dengan reksa dana pasar uang, misalnya, investasi ini memberikan keuntungan yang relatif lebih besar, tapi risikonya tidak sebesar reksa dana saham.

Imbal hasil atau return reksadana pendapatan tetap sekitar 7% sampai dengan 8% per tahun. Bahkan rata-rata bisa mencapai 9%. Kalau dibandingkan dengan reksa dana pasar uang yang memberikan keuntungan sekitar 4,5% hingga 5,5% per tahun, tentu saja reksa dana pendapatan tetap relatif lebih menggiurkan. Apalagi jika mengingat keuntungan pendapatan tetap ini cenderung stabil tiap bulannya, jauh lebih meyakinkan daripada saham yang cenderung lebih fluktuatif. 

Apakah reksa dana pendapatan tetap tanpa risiko?

Walau menempatkan 80% dana di obligasi dengan nilai keuntungan 7% sampai 8% serta pergerakan stabil tiap bulan, bukan berarti investasi reksa dana pendapatan tetap tanpa risiko. Setelah mengetahui apa itu reksa dana pendapatan tetap dan keunggulannya, kini saatnya Anda cari tahu juga mengenai risiko investasi. Berikut beberapa di antaranya: 

  • Risiko likuiditas, di mana manajer investasi kesulitan menyediakan uang tunai dalam jumlah banyak apabila investor beramai-ramai menarik reksa dananya dalam waktu bersamaan. 

  • Risiko penurunan nilai unit penyertaan karena dipengaruhi oleh turunnya harga surat utang atau obligasi. Dalam hal ini termasuk pula risiko pasar yang menyebabkan terjadinya penurunan nilai aset investasi hingga mempengaruhi tingkat keuntungan investor. 

  • Dana investor tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) karena bukan termasuk produk perbankan. 

  • Risiko wanprestasi yang muncul ketika perusahaan asuransi yang mengasuransikan modal reksa dana tidak segera membayar ganti rugi atau membayar lebih rendah dari nilai pertanggungan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini bisa berujung ke penurunan NAB reksa dana. 


Kini Anda sudah mengetahui apa itu reksa dana pendapatan tetap, yaitu investasi reksa dana yang 80% lebih modalnya ditempatkan pada efek bersifat utang atau obligasi. Keuntungan reksa dana ini adalah nilai imbal hasilnya lebih besar daripada pasar uang dengan risiko tak lebih besar daripada saham. Kalau Anda berencana investasi di reksa dana pendapatan tetap, bisa pilih produk Shinhan Fixed Income Fund atau Shinhan Fixed Income USD.