INFORMASI TERBARU

apa itu reksadana

Apa Itu Reksadana? Yuk, Kenali Instrumen Investasi Ramah Pemula Ini

Investasi adalah salah satu cara untuk mengembangkan aset. Pilihan instrumen penanaman modal yang dapat Anda pertimbangkan cukup beragam. Salah satu opsi sarana berinvestasi yang ramah untuk para pemula adalah reksadana. Namun, apakah Anda tahu apa itu reksadana? Sebelum memilih menanamkan modal di instrumen ini, pastikan kalau Anda mengenali seluk beluknya secara mendalam. 

Pengertian dan Ciri Reksadana

Pengertian tentang apa itu reksadana sebenarnya cukup sederhana. Reksadana atau mutual fund merupakan himpunan dana yang dikumpulkan dari banyak investor sekaligus. Selanjutnya, pengelolaan dana investasi tidak dilakukan secara langsung oleh para investor, melainkan manajer investasi. Selanjutnya, manajer investasi akan menanamkannya dalam portofolio efek. 

Istilah efek dalam dunia investasi merujuk pada berbagai jenis surat berharga, seperti saham, tanda bukti utang, obligasi, surat utang, dan lain sebagainya. Dengan begitu, portofolio efek merupakan kumpulan dari berbagai jenis efek. Biasanya, seorang manajer investasi akan mengelola portofolio efek sehingga mampu menghasilkan keuntungan serta meminimalkan kerugian. 

Dari pengertian apa itu reksadana, Anda akan menemukan 3 ciri utama yang ada pada instrumen investasi ini, yaitu: 

  • Dana yang Anda perlukan untuk investasi reksadana tidak terlalu besar. Instrumen investasi ini merupakan kumpulan modal dari beberapa investor sekaligus. 

  • Pengelolaan dana investasi melibatkan pihak ketiga. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa manajer investasi yang ditunjuk mempunyai keahlian tinggi serta dapat dipercaya. 

  • Dapat dilakukan oleh siapa saja. Untuk menjadi seorang investor reksadana, Anda tak memerlukan keahlian khusus. Anda pun tinggal mempercayakan dana pada manajer investasi yang telah ditunjuk serta menikmati keuntungannya. 

Istilah yang Harus Diketahui saat Memilih Investasi Reksadana

Selain mengetahui pengertian tentang apa itu reksadana, Anda juga harus memahami berbagai istilah di dalamnya. Beberapa jenis istilah penting yang perlu Anda ketahui di antaranya adalah: 

  1. NAB atau Nilai Aktiva Bersih. Nilai ini memperlihatkan jumlah dana yang dikelola, atau kerap dikenal sebagai asset under management. 

  2. UP atau Unit Penyertaan. Istilah ini merupakan satuan transaksi yang memperlihatkan jumlah penyertaan dari seorang investor dalam reksadana. Anda dapat mengetahui kepemilikan UP. 

  3. NAB/UP. Istilah inilah yang dikenal sebagai harga sebuah reksadana. Anda akan menemukan kalau nilai NAB/UP selalu mengalami perubahan, menyesuaikan harga pasaran aset. 

  4. Subscription fee. Saat membeli reksadana, Anda akan mengenal biaya yang satu ini. Meski begitu, tak menutup kemungkinan Anda juga bisa bertransaksi reksadana tanpa disertai subscription fee. 

  5. Redemption fee. Ketika ingin melakukan penjualan atau pencairan UP, Anda perlu membayar redemption fee. Biasanya, biaya ini relatif lebih besar kalau dibanding subscription fee.

  6. Bank kustodian. Istilah ini merujuk pada lembaga keuangan yang bertindak sebagai pengawas, administrator, serta penyimpan aset reksadana. Lembaga yang bertugas sebagai bank kustodian telah memperoleh persetujuan secara khusus dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya.

  7. Transaksi disbursement. Istilah ini adalah transaksi pembayaran atas sebagian unit penyertaan milik investor. Pembayarannya dilakukan oleh manajer investasi kepada bank kustodian. 

  8. Transaksi switching. Transaksi ini terjadi ketika investor melakukan pengalihan dana investasi dari reksadana tertentu ke reksadana lain. 

  9. Kontrak Investasi Kolektif (KIK). Istilah ini ditujukan pada kontrak antara bank kustodian dengan manajer investasi. 

  10. Prospektus. Istilah ini digunakan untuk menyebut data berupa profil serta laporan keuangan tahunan sebuah perusahaan. Informasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai acuan dalam menentukan pilihan jenis reksadana.

Nah, itulah pengertian tentang apa itu reksadana, ciri-ciri, serta istilah yang perlu Anda ketahui. Untuk pilihan investasi reksadana tepercaya, Anda dapat memanfaatkan layanan Shinhan Asset Management. Di sini, Anda dapat memilih berbagai jenis reksadana, lho.