INFORMASI TERBARU

apa itu Reksadana saham

Apa itu Reksadana Saham Bagaimana Cara Investasinya?

Reksadana cukup terkenal sebagai salah satu bentuk investasi yang digemari oleh masyarakat luas. Salah satu jenis reksadana yang menawarkan keuntungan besar jika Anda berani untuk membelinya adalah reksadana saham. Ingin mengenal lebih dalam? Anda dapat mengetahui informasi mengenai apa itu reksadana saham dan juga cara investasinya di bawah ini. 

Mengenal Apa Itu Reksadana Saham

Dalam reksadana jenis saham, bentuk portofolio yang akan diperjualbelikan adalah saham. Hal yang menjadi pembeda utama dari membeli saham secara pribadi dengan reksadana adalah kehadiran Manajer Investasi (MI). Manajer investasi akan mengatur penjualan serta pembelian saham karena naik dan turunnya harga saham menjadi faktor yang bisa mempengaruhi keuntungan atau kerugian Anda. 

Dalam pelaksanaan penjualan dan pembeliannya, investasi hanya dilakukan pada saham perusahaan berbadan hukum di Bursa Efek di Indonesia atau bursa efek luar negeri. Artinya, tidak sembarang perusahaan bisa dibeli sahamnya oleh reksadana. Melainkan yang sudah tercatat di pasar modal. Hal inilah yang bisa melindungi para pemodal karena sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Beberapa larangan lainnya yang bisa mengamankan para investor adalah larangan untuk membeli saham di bursa efek luar negeri yang informasinya tidak dapat diakses dari Indonesia melalui media massa atau fasilitas internet. Investasi maksimum pada satu saham adalah 10% dari nilai aset reksadana. Ada larangan untuk menguasai lebih dari 5% modal perusahaan dari saham terkait. Untuk menjual saham akan dibutuhkan waktu yang lumayan lama dan akan mustahil untuk menjualnya secara mendadak.

Cara Investasi Reksadana Saham

Berikut ini adalah cara investasi reksadana saham yang bisa Anda perhatikan:

1. Tentukan Platform Anda

Saat ini ada banyak platform yang menyediakan investasi reksadana berbentuk saham, salah satunya adalah Shinhan AM. Pilihlah platform yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Cari informasi sebanyak-banyaknya untuk bisa memilih yang tepat untuk Anda.

2. Depositkan Dana Anda

Setelah menentukan platform pilihan Anda, langkah selanjutnya bisa Anda lakukan adalah menyetorkan dana kepada Manajer Investasi sehingga mereka dapat mengelolanya. 

3. Monitor Perkembangannya

Manajer Investasi akan melakukan investasi dengan memilih jenis saham mana yang cocok untuk dibeli dan dijual, sehingga Anda hanya perlu memonitor perkembangannya tanpa harus repot-repot memikirkannya.

4. Return and Risk Reksadana Saham

Return and risk atau untung dan rugi adalah unsur yang saling terhubung dalam reksadana saham. Akan sangat penting bagi Anda untuk bisa mengenal dua istilah ini. Sebagai investor, Anda jangan hanya melihat satu sisi koin saja, namun coba perhitungkan secara menyeluruh dengan matang antara untung dan rugi yang bisa didapatkan ketika memilih investasi jenis ini.

High return memang menjadi hal yang identik dengan investasi jenis ini, tapi dibalik itu terdapat high risk juga mengingat fluktuasi yang tidak dapat diprediksi dengan mudah.  Suatu saat investasi yang Anda lakukan bisa membawa keuntungan yang besar, namun di sisi yang lain bisa saja mendapatkan kerugian. 

Jenis investasi reksadana ini cocok bagi Anda yang memiliki portofolio risiko tipe agresif. Namun, risiko ini bukan menjadi penghalang dalam berinvestasi reksadana saham. Dengan perencanaan keuangan yang baik, risiko tersebut bisa diminimalisir atau bahkan dibalik menjadi keuntungan berlipat.

Itulah pembahasan mengenai apa itu reksadana saham dan bagaimana cara membelinya. Jika Anda siap menanggung risiko yang besar, maka investasi reksadana saham ini akan cocok sekali dengan Anda. Shinhan AM menyediakan layanan investasi reksadana saham dengan hasil optimal. Anda tertarik? Kunjungi Shinhan AM untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.