INFORMASI TERBARU

Investasi yang Menguntungkan Saat ini

Jenis-jenis Investasi yang Menguntungkan Saat ini untuk Karyawan

Mana investasi yang menguntungkan untuk karyawan? Pada dasarnya, setiap instrumen investasi menawarkan keuntungan dengan porsi masing-masing. Tinggal bagaimana Anda memaksimalkan keuntungan tersebut agar dapat menutupi risiko yang mungkin timbul saat berinvestasi.

Hal ini berlaku pula bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan. Peluang mendapatkan keuntungan dari investasi juga terbuka lebar bagi Anda. Ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih meski Anda merasa belum memiliki banyak modal. 

Jenis Investasi yang Menguntungkan untuk Karyawan

Apa saja? Simak ulasan mengenai investasi yang menguntungkan untuk karyawan berikut ini.

1.  Deposito

Investasi yang pertama adalah deposito. Bagi Anda yang baru mulai berinvestasi, deposito bisa dijadikan titik awal. Sebab, proses pengelolaan deposito tidaklah rumit. Risikonya pun relatif kecil dibanding investasi lainnya.

Anda cukup menyiapkan dana sebagai modal dan kemudian menyerahkan pada bank untuk disimpan. Durasi penyimpanan bisa Anda tentukan sendiri, mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan. Keuntungan yang didapat berupa imbal hasil dari bank. Nilainya berbeda-beda, tergantung bank yang Anda pilih. Namun, biasanya ada pada kisaran 3% hingga 5,5%.

2. Obligasi

Karyawan juga bisa memilih obligasi sebagai investasi yang menguntungkan. Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan pihak peminjam dana. Sederhananya, Anda meminjamkan sejumlah dana kepada suatu perusahaan dan nantinya perusahaan tersebut akan mengembalikan dana yang telah dipinjam. Obligasi tidak hanya diterbitkan oleh perusahaan yang memerlukan modal, tapi juga pemerintah.

Keuntungannya berasal dari kupon (interest rate) yang dibayarkan secara berkala oleh pihak peminjam. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh keuntungan dari capital gain jika menjual obligasi pada pasar sekunder.

3. Emas

Berbicara soal investasi yang menguntungkan, tentu tidak bisa lepas dari instrumen satu ini. Emas adalah instrumen investasi yang sudah lama digunakan karena terbukti mendatangkan keuntungan. Ia bisa menjadi alat lindung nilai (hedging) karena nilainya relatif stabil. Hal ini juga yang membuat emas mampu bertahan dari serangan inflasi.

Terlebih, kini ada banyak cara untuk berinvestasi emas, bahkan melalui platform digital. Bagi yang belum memiliki cukup modal, Anda bisa mengikuti program menabung emas yang ditawarkan berbagai pihak.

4. Saham

Anda ingin mendapatkan keuntungan besar dan tidak masalah dengan risiko tinggi? Investasi saham bisa dijadikan pilihan. Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, saham memang menawarkan keuntungan yang cenderung lebih besar. Namun, risikonya pun tidak kalah besar (high risk, high return).

Untuk memulai investasi saham, sebaiknya Anda mengakrabkan diri dengan istilah-istilah saham terlebih dulu. Pelajari juga analisis fundamental saham untuk mengetahui mana emiten yang sebaiknya dipilih dan dihindari.

5. Reksa dana

Investasi yang menguntungkan bisa pula didapatkan dari reksa dana. Dengan adanya manajer investasi (MI) yang bertugas mengelola reksa dana, investasi satu ini pun cocok untuk para karyawan yang biasanya memiliki waktu terbatas. Manajer investasi Indonesia akan membantu Anda memilih produk reksa dana yang sesuai dan kemudian mengelola dana investasi.

Terlebih, produk reksa dana pun variatif, bisa menyesuaikan prinsip dan tujuan investasi Anda. Misalnya, jika Anda ingin hasil yang relatif stabil untuk jangka menengah dan panjang, reksa dana pendapatan tetap bisa dipilih. Sedangkan jika Anda ingin mengikuti prinsip syariah Islam dalam berinvestasi, maka reksa dana syariah adalah opsi terbaik.


Nah, itulah jenis-jenis investasi yang menguntungkan untuk karyawan. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengelola dana investasi, reksa dana bisa dijadikan pilihan. Mulai perjalanan investasi reksadana Anda bersama Shinhan Asset Management. Didukung oleh profesional berpengalaman, Shinhan Asset Management memberikan keamanan dan kenyamanan berinvestasi untuk Anda. Mulai berinvestasi bersama Shinhan Asset Management sekarang juga!