INFORMASI TERBARU

Jenis Reksadana

Jenis-Jenis Reksadana yang Dapat Anda Manfaatkan untuk Investasi

Investasi memberi banyak keuntungan bagi para investor pemula. Selain bisa dilakukan dengan dana terjangkau, nilai return investasi reksadana juga cukup menjanjikan. Tak cukup sampai di situ, Anda juga dapat menemukan berbagai pilihan investasi reksadana. Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan pilihan jenis reksadana sesuai kebutuhan. 

Berikut Jenis-Jenis Reksadana yang Dapat Anda Manfaatkan

Untuk memenuhi kebutuhan terhadap berbagai jenis reksadana, Shinhan Asset Management (AM) menawarkan produk investasi yang variatif. Berbagai informasi dibawah ini akan bisa Anda gunakan untuk menentukan jenis reksadana mana yang akan Anda pilih. Mari kita perhatikan secara seksama informasi yang satu ini.

Reksadana Saham

Jenis investasi reksadana saham menawarkan tingkat keuntungan yang cukup tinggi. Shinhan AM menawarkan produk reksadana saham berupa Shinhan Equity Growth. Pengelolaan dana dalam produk Shinhan Equity Growth digunakan pada saham dan pasar uang. Anda pun bisa menjadi investor reksadana saham di Shinhan AM cukup dengan uang Rp100 ribu. 

Dibandingkan dengan reksadana lain, Shinhan Equity Growth merupakan reksadana dengan profil risiko yang agresif. Anda memang bisa memperoleh keuntungan tinggi ketika menggunakan investasi reksadana ini. Namun, di waktu yang sama, reksadana saham juga punya fluktuasi tinggi yang dapat berubah setiap hari mengikuti mekanisme pasar. 

Reksadana Campuran

Anda dapat pula menjumpai opsi reksadana campuran di Shinhan AM, berupa Shinhan Balance Fund dan Shinhan Profit Global Balance Fund. Karakteristik produk reksadana yang satu ini dapat dilihat dari pengelolaan dananya. Manajer investasi akan menggunakan kombinasi 3 instrumen investasi, yakni ekuitas, obligasi, serta pasar uang.

Reksadana Pendapatan Tetap

Shinhan AM juga memiliki produk reksadana pendapatan tetap. Ada dua opsi jenis reksadana pendapatan tetap yang bisa Anda peroleh, yakni Shinhan Fixed Income Fund dan Shinhan Fixed Income USD. Keduanya menjanjikan tingkat return yang stabil dan cocok dimanfaatkan untuk tujuan jangka menengah dan jangka panjang. 

Reksadana Pasar Uang

Pertimbangan jenis reksadana di Shinhan AM selanjutnya adalah Reksadana Pasar Uang Shinhan Money Market. Pengelolaan dana para investor dilakukan sepenuhnya pada instrumen pasar uang atau efek utang yang punya waktu jatuh tempo tidak lebih dari 1 tahun. Seperti halnya reksadana saham, Anda dapat berinvestasi Reksadana Shinhan Money Market cukup dengan uang Rp100 ribu. 

Reksadana Terproteksi

Kalau ingin produk investasi reksadana yang memiliki jaminan keamanan lebih baik, pertimbangkan untuk memilih reksadana terproteksi. Produk reksadana yang juga dikenal sebagai capital protected fund (CPF) ini memberi jaminan dengan memperhitungkan dana investasi awal sampai terhitung jatuh tempo. 

Pengelolaan investasi reksadana terproteksi di Shinhan AM dilakukan dengan memanfaatkan surat utang pemerintah dan korporasi. Sekilas, cara pengelolaannya mirip dengan reksadana pendapatan tetap, sama-sama menggunakan instrumen surat utang. Hanya saja, reksadana terproteksi dilaksanakan dengan cara membeli surat utang dan menahannya sampai waktu jatuh tempo. 

Reksadana Syariah

Terakhir, Anda juga dapat menemukan produk reksadana syariah yang dijalankan dengan memperhatikan nilai islami di Shinhan AM. Produk reksadana syariah yang bisa Anda manfaatkan adalah Shinhan Mabrur Balance Fund. Jenis reksadana yang satu ini sangat cocok bagi investor muslim yang ingin memperoleh keuntungan yang sesuai prinsip syariah. 

Cara pengelolaannya dilakukan mirip dengan reksadana campuran. Hanya saja, pengelolaannya dilakukan secara hati-hati pada instrumen berupa efek ekuitas, efek syariah, serta instrumen pasar uang yang dijalankan berdasarkan prinsip syariah. Untuk berinvestasi Reksadana Shinhan Mabrur Balance Fund pun sangat gampang, cukup dengan uang Rp100 ribu. 

Nah, itulah pilihan jenis reksadana yang dapat Anda pertimbangkan ketika ingin berinvestasi. Anda dapat melakukan keputusan berinvestasi reksadana dengan mempertimbangkan faktor profil risiko serta kepemilikan dana. Yuk, mulai berinvestasi reksadana sekarang!